MUASYARAH DI KAMPUS (nama sekolah……….)
Dalam Telaah Al-Quran, Hadits, Fiqh dan
Ilmu Pengetahuan Sosial
Oleh: (nama……………….)
(CATATAN: TAMPILKAN JUDUL DI ATAS INI
PADA HALAMAN PERTAMA ISI MAKALAH TENTUNYA SETELAH COVER MAKALAH, KATA PENGANTAR
DAN DAFTAR ISI)
I.
Latar
Belakang
Ada
empat latar belakang masalah yang dipilih dalam penelitian ini. Yaitu tentang alasan
keberartian topik kondisi budaya 1)
salam, 2) berdoa ketika bersin, 3)menjenguk ketika sakit, 4) berta’ziah ketika
berduka, 5) menghadiri undangan dan 6) saling mengingatkan di Kampus (nama
sekolah ……………… ) untuk di teliti. Adapun gambara alasannya adalah sebagai
berikut.
Latar
belakang pertama adalah alasan-alasan
mengenai budaya salam yang
menjadi topik yang sangat berarti untuk diteliti, yakni sebagai berikut: 1) …………………………,
2)….. …………………………….dll. (catatan bisa
lebih dari dua)
Latar
belakang kedua adalah alasan-alasan
mengenai budaya berdoa ketika bersin
yang menjadi topik yang sangat berarti untuk diteliti, yakni sebagai berikut:
1) …… ……………………, 2)….. …………………………….dll. (catatan
bisa lebih dari dua)
Latar
belakang ketiga adalah alasan-alasan
mengenai budaya menjenguk ketika sakit
yang menjadi topik yang sangat berarti untuk diteliti, yakni sebagai berikut:
1) ……… …………………, 2)….. …………………………….dll. (catatan
bisa lebih dari dua)
Latar
belakang keempat adalah alasan-alasan
mengenai budaya berta’ziah ketika
berduka yang menjadi topik yang sangat berarti untuk diteliti, yakni
sebagai berikut: 1) ……… …………………, 2)….. …………………………….dll. (catatan bisa lebih dari dua)
Latar
belakang kelima adalah alasan-alasan
mengenai budaya menghadiri undangan yang
menjadi topik yang sangat berarti untuk diteliti, yakni sebagai berikut: 1) ………
…………………, 2)….. …………………………….dll. (catatan bisa
lebih dari dua)
Latar
belakang keenam adalah alasan-alasan
mengenai budaya saling mengingatkan yang
menjadi topik yang sangat berarti untuk diteliti, yakni sebagai berikut: 1) ………
…………………, 2)….. …………………………….dll. (catatan bisa
lebih dari dua)
(CATATAN: MENGISI SETIAP POIN LATAR
BELAKANG TIDAK DIPATOK HARUS SATU PARAGRAPH—BISA LEBIH DARI SATU—NAMUN PADAT
DAN BERBOBOT. MENERANGKAN HAL-HAL YANG TIDAK BERHUBUNGAN DENGAN LATAR BELAKANG
ADALAH PELANGGARAN ETIKA KARYA ILMIAH)
Peneliti
mencoba menggambarkan keadaan empat faktor alam diatas sebagai indikator kualitas
muasyarah di Kampus (nama sekolah
…………………………..). Penelitian ini mencoba menggambarkan bahwa kondisi muasyarah sangat berperan dalam membantu
masyarakat pendidikan dalam mencapai kebutuhan belajar esensialnya. Tema
penelitian yang diangkat pada kesempatan ini adalah: “Muasyarah Di Kampus (nama
sekolah ………………………….)—Dalam Telaah Al-Quran,
Hadits, Fiqh dan Ilmu Pengetahuan Sosial.”
II.
Rumusan Masalah
Masalah
utama dalam penelitian ini adalah: “Bagaimanakah kondisi muasyarah kampus di (nama sekolah…………………………..) ?”
Rumusan masalah
di atas dijabarkan dalam beberapa pertanyaan penelitian berikut:
1. Bagaimanakah
budaya salam di Kampus (nama sekolah
………………)?
2. Bagaimanakah
budaya berdoa ketika bersin di Kampus
(nama sekolah ……………)?
3. Bagaimanakah
budaya menjenguk ketika sakit di
Kampus (nama sekolah ……………)?
4. Bagaimanakah
budaya berta’ziah ketika berduka
di Kampus (nama sekolah ……………)?
5. Bagaimanakah
budaya menghadiri undangan di
Kampus (nama sekolah ……………)?
6. Bagaimanakah
budaya saling mengingatkan di
Kampus (nama sekolah ……………)?
III. Klarifikasi
Konsep
Pada bagian ini akan diklarifikasikan tentang apakah
definisi: 1) budaya salam, 2) berdoa ketika bersin, 3)menjenguk ketika sakit, 4)
berta’ziah ketika berduka, 5) menghadiri undangan dan 6) saling mengingatkan.
Semua kosep tersebut ditelaah dengan Al-Quran, Hadits, Fiqh, kisah Nabi dan
Sahabat serta inovasi kontemporer. Tujuan penelitian ini adalah menerangkan
tentang peran muasyarah kampus dalam
merealisasikan kebutuhan belajar esensial civitas akademika-nya. Konsep-konsep
di atas akan dijelaskan di bawah ini.
A.
Budaya Salam
Merujuk kepada dalil-dalil mengenai budaya salam,
yang ada di dalam Al-Quran, hadits, fiqh, kisah Nabi dan Sahabat SAW serta
inovasi kontemporer, pemakalah akan mendefinisikan apa itu hakikat air. Adapun
dalil yang dipilih adalah sebagai berikut:
1.
Dalil-Dalil
Al-Quran Mengenai Budaya Salam
a. ………………
b. ………………dll. (catatan bisa lebih dari dua)
2.
Dalil-Dalil
Hadits Mengenai Budaya Salam
a. ……………
b. ………….dll. (catatan bisa lebih dari dua)
3.
Dalil-Dalil
Fiqh Mengenai Budaya Salam
a. ……………
b. ………….dll. (catatan bisa lebih dari dua)
4.
Kisah-kisah
Nabi dan Sahabat Mengenai Budaya Salam
a. ……………
b. ………….dll. (catatan bisa lebih dari dua)
5.
Inovasi-Inovasi
Kontemporer Mengenai Budaya Salam
a. ………….
b. ………..dll. (catatan bisa lebih dari dua)
6.
Merujuk
pada dalil-dalil di atas peneliti mencoba mengklasifikasikan kedalam empat
subdefinisi, yakni sebagai berikut:
a. Genus Budaya Salam
1) ……………
2) …………… dll. (catatan bisa lebih dari dua)
b. Diferensia Budaya Salam
1) ……………
2) ……………. Dll. (catatan bisa lebih dari dua)
c. Properti Budaya Salam
1) …………….
2) …………….. dll. (catatan bisa lebih dari dua)
d. Aksiden Budaya Salam
1) …………….
2) ……………… dll. (catatan bisa lebih dari dua)
Setelah mengklasifikasikan dalam empat subdefinisi,
peneliti mendefinisikan Budaya Salam sebagai berikut : “………………………………………………” (catatan: baca
contoh membuat klarifikasi kosep lalu membuat instrument penelitian)
(CATATAN:
UNTUK KLARIFIKASI KONSEP TENTANG UNSUR-UNSUR DIBAWAH INI DIBUAT SEPERTI SUSUNAN
BUDAYA SALAM DI ATAS)
B.
Budaya Berdoa Ketika Bersin
C.
Budaya Menjenguk Ketika Sakit
D.
Budaya Berta’ziah Ketika Sakit
E.
Budaya Menghadiri Undangan
F.
Budaya Saling Mengingatkan
IV.
TEMUAN PENELITIAN
Pada bagian ini peneliti akan
memaparkan hasil riset lewat observasi dan wawancara kepada civitas akademika
Kampus (nama sekolah ……………) mengenai kualitas muasyarah kampus. Penulis membagi bab ini menjadi enam bagian.
Diawali dengan memaparkan indikator-indikator kondisi berbudaya: (1) mengucap
salam, (2) berdoa ketika bersin, (3) menjenguk ketika sakit, (4) berta’ziah
ketika berduka, (5) menghadiri undangan dan (6) suasana saling mengingatkan di
Kampus .
Merujuk pada rumusan masalah
dikaitkan dengan tujuan penelitian, peneliti mencoba menggambarkan kondisi muasyarah
kampus yang menjadi faktor pendorong dan penghambat bagi civitas akademika
Kampus (nama sekolah ……………) untuk merealisasikan kebutuhan belajar esensialnya.
A.
Kondisi
Budaya Salam di Kampus (nama sekolah ………………)
Merujuk pada klarifikasi kosep
penelitian ini, definisi budaya salam adalah……………………….(CATATAN:
ISILAH PARAGRAPH PERTAMA INI DENGAN DEFINISI YANG SAUDARA HASILKAN DARI
KLARIFIKASI KOSEP DI ATAS)
Adapun gambaran kondisi budaya salam di
Kampus (nama sekolah ……………)
adalah ………………………………… (CATATAN: ISI PARAGRAPH-PARAGRAPH SELANJUTNYA MERUJUK
PADA DATA DAN INFORMASI YANG DIDAPATKAN MELALUI PERTANYAAN-PERTANYAAN YANG ADA
DI DALAM INSTRUMEN PENELITIAN YANG SAUDARA BUAT—baca cara membuat instrument
penelitian)
Merujuk
pada deskripsi diatas, peneliti mencoba mengklasifikasikan dalam faktor-faktor
pendorong dan penghambat bagi civitas akademika untuk mencapai kebutuhan
belajar esensialnya, yang teridiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan
tantangan yaitu sebagai berikut:
1. Kekuatan-Kekuatan Dalam Membudayakan Salam di
Kampus (nama sekolah)
a. ………………..
b. ……………..
dll. (catatan bisa lebih dari dua)
2. Kelemahan-Kelemahan Dalam Membudayakan
Salam di Kampus (nama sekolah)
a. ………………..
b. ……………..
dll. (catatan bisa lebih dari dua)
3.
Peluang-Peluang Dalam
Membudayakan Salam di Kampus (nama sekolah)
a. ……………..
b. ………………dll.
(catatan bisa lebih dari dua)
4. Tantangan-Tantangan Dalam Membudayakan
Salam di Kampus (nama sekolah)
a. ………………..
b. ……………..
dll. (catatan bisa lebih dari dua)
(CATATAN: UNTUK
DESKRIPSI UNSUR-UNSUR DIBAWAH INI DISUSUN SEPERTI BUDAYA SALAM DI ATAS)
B.
Kondisi
Budaya Berdoa Ketika Bersin di Kampus (nama sekolah ………………)
C.
Kondisi
Budaya Menjenguk ketika sakit di Kampus (nama sekolah ………………)
D.
Kondisi
Budaya Berta’ziah ketika berduka di Kampus (nama sekolah ………………)
E.
Kondisi
Budaya Menghadiri Undangan di Kampus (nama sekolah ………………)
F.
Kondisi
Budaya Saling Mengingatkan di Kampus (nama sekolah ………………)
V. KESIMPULAN
Merujuk kepada
analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang diolah peneliti—lihat
lampiran VII-XII—dari hasil temuan penelitian, penulis menyimpulkan penelitian
sebagai berikut:
A. Budaya Salam di Kampus (nama sekolah
………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM KESIMPULAN INI
MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN VII—TENTANG ANALISIS
KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN SALAM DI
KAMPUS—lihat contoh analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan)
B. Budaya Berdoa Ketika Bersin di Kampus (nama
sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM KESIMPULAN INI
MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN VIII—TENTANG ANALISIS
KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN BERDOA
KETIKA BERSIN DI KAMPUS)
C. Budaya Menjenguk Ketika Sakit di Kampus
(nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM KESIMPULAN INI
MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN IX—TENTANG ANALISIS
KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN
MENJENGUK KETIKA SAKIT DI KAMPUS)
D. Budaya Berta’ziah Ketika Berduka di Kampus
(nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM KESIMPULAN INI
MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN X—TENTANG ANALISIS
KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN
BERTA’ZIAH KETKA BERDUKA DI KAMPUS)
E. Budaya Menghadiri Undangan di Kampus (nama
sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM KESIMPULAN
INI MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN XI—TENTANG ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN,
PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN MENGHADIRI UNDANGAN DI
KAMPUS)
F. Budaya Saling Mengingatkan di Kampus (nama
sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM KESIMPULAN INI
MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN XII—TENTANG ANALISIS
KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN SALING
MENGINGATKAN DI KAMPUS)
VI. SARAN
A. Membudayakan Salam di Kampus (nama sekolah
………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM SARAN INI MERUJUK
KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN VII—TENTANG ANALISIS KEKUATAN,
KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN SALAM DI KAMPUS)
B. Membudayakan Berdoa Ketika Bersin di Kampus
(nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM SARAN INI MERUJUK
KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN VIII—TENTANG ANALISIS KEKUATAN,
KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN BERDOA KETIKA
BERSIN DI KAMPUS)
C. Membudayakan Menjenguk Ketika Sakit di
Kampus (nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM SARAN INI MERUJUK
KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN IX—TENTANG ANALISIS KEKUATAN,
KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN MENJENGUK KETIKA
SAKIT DI KAMPUS)
D. Membudayakan Berta’ziah Ketika Berduka di
Kampus (nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM SARAN INI MERUJUK
KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN X—TENTANG ANALISIS KEKUATAN,
KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN BERTA’ZIAH KETKA
BERDUKA DI KAMPUS)
E. Membudayakan Menghadiri Undangan di Kampus
(nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM
SARAN INI MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN XI—TENTANG ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN,
PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN MENGHADIRI UNDANGAN DI
KAMPUS)
F. Membudayakan Saling Mengingatkan di Kampus
(nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM SARAN INI MERUJUK
KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN XII—TENTANG ANALISIS KEKUATAN,
KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN SALING
MENGINGATKAN DI KAMPUS)
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-PAMPIRAN
LAMPIRAN I
INSTRUMEN PENELITIAN KONDISI BUDAYA SALAM DI KAMPUS (nama sekolah……..)
1. ……………?
2. ……………? Dll (CATATAN: TAMPILKAN LAMPIRAN I DI SATU
HALAMAN—baca cara membuat instrument penelitian)
(CATATAN: UNTUK LAMPIRAN DIBAWAH INI
DIBUAT SEPERTI LAMPIRAN INSTRUMEN PENELITIAN DI ATAS)
LAMPIRAN II
INSTRUMEN PENELITIAN KONDISI BUDAYA BERDOA KETIKA BERSIN DI KAMPUS
(nama sekolah…..)
LAMPIRAN III
INSTRUMEN PENELITIAN KONDISI BUDAYA MENJENGUK YANG SAKIT DI KAMPUS
(nama sekolah…..)
LAMPIRAN IV
INSTRUMEN PENELITIAN KONDISI BUDAYA BERTA’ZIAH KETIKA BERDUKA DI KAMPUS
(nama sekolah.)
LAMPIRAN V
INSTRUMEN PENELITIAN KONDISI BUDAYA MENGHADIRI UNDANGAN DI KAMPUS (nama
sekolah.)
LAMPIRAN VI
INSTRUMEN PENELITIAN KONDISI BUDAYA SALING MENGINGATKAN DI KAMPUS (nama
sekolah.)
LAMPIRAN VII
ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN DALAM MEMBUDAYAKAN
SALAM DI KAMPUS (NAMA SEKOLAH………..)
|
KEKUATAN
(catatan: kotak
ini diisi dengan data dan informasi kekuatan-kekuatan dalam membudayakan
salam pada bagian temuam penelitian)
|
KELEMAHAN
(catatan: kotak
ini diisi dengan data dan informasi kelemahan-kelemahan dalam membudayakan
salam pada bagian temuam penelitian)
|
PELUANG
(catatan: kotak
ini diisi dengan data dan informasi peluang-peluang dalam membudayakan salam pada
bagian temuam penelitian)
|
|
|
TANTANGAN
(catatan: kotak
ini diisi dengan data dan informasi tantangan-tantangan dalam membudayakan
salam pada bagian temuam penelitian)
|
|
|
(CATATAN: TAMPILKAN LAMPIRAN V DI SATU
HALAMAN DENGAN FOND HURUF UKURAN 7 ATAU 8—baca contoh pembuatan analisis
kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan)
(CATATAN: UNTUK LAMPIRAN-LAMPIRAN DI
BAWAH INI SESUAIKAN PENULISANNYA SEPERTI LAMPIRAN DIATAS)
LAMPIRAN VIII
ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN
BERDOA KETIKA BERSIN DI KAMPUS (NAMA SEKOLAH………..)
LAMPIRAN IX
ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN
MENJENGUK KETIKA SAKIT DI KAMPUS (NAMA SEKOLAH………..)
LAMPIRAN X
ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM
UNSUR MEMBUDAYAKAN BERTA’ZIAH KETIKA BERDUKA DI KAMPUS (NAMA SEKOLAH………..)
LAMPIRAN XI
ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN
MENGHADIRI UNDANGAN DI KAMPUS (NAMA SEKOLAH………..)
LAMPIRAN XII
ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN
SALING MENGINGATKAN DI KAMPUS (NAMA SEKOLAH………..)
MATRIX PENELITIAN
(CATATAN: UPAYAKAN MAMPU MENAMPILKAN MATRIX
PENELITIAN PADA SATU HALAMAN DENGAN FOND HURUF UKURAN 7 ATAU 8)
LATAR BELAKANG
|
RUMUSAN
MASALAH
|
TEMUAN
|
KESIMPULAN
|
SARAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(CATATAN: LIHAT CONTOH
MATRIX PENELITIAN)
RIWAYAT HIDUP PENELITI
TAMMAT
(CATATAN: TAMPILKAN RIWAYAT HIDUP
PENELITI DALAM NARASI SATU HALAMAN DISERTAI FOTO TERBAIK, LIHAT CONTOH RIWAYAT
HIDUP PENELITI)
SAY CHEESE……!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar