Minggu, 03 November 2013

ARAHAN MENULIS MAKALAH AKHIR MATA KULIAH IBSD


MUASYARAH DI KAMPUS (nama sekolah……….)
Dalam Telaah Al-Quran, Hadits, Fiqh dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Oleh: (nama……………….)

(CATATAN: TAMPILKAN JUDUL DI ATAS INI PADA HALAMAN PERTAMA ISI MAKALAH TENTUNYA SETELAH COVER MAKALAH, KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI)
I.          Latar Belakang

Ada empat latar belakang masalah yang dipilih dalam penelitian ini. Yaitu tentang alasan keberartian topik kondisi budaya 1) salam, 2) berdoa ketika bersin, 3)menjenguk ketika sakit, 4) berta’ziah ketika berduka, 5) menghadiri undangan dan 6) saling mengingatkan di Kampus (nama sekolah ……………… ) untuk di teliti. Adapun gambara alasannya adalah sebagai berikut.
Latar belakang pertama adalah alasan-alasan mengenai budaya salam yang menjadi topik yang sangat berarti untuk diteliti, yakni sebagai berikut: 1) …………………………, 2)….. …………………………….dll. (catatan bisa lebih dari dua)
Latar belakang kedua adalah alasan-alasan mengenai budaya berdoa ketika bersin yang menjadi topik yang sangat berarti untuk diteliti, yakni sebagai berikut: 1) …… ……………………, 2)….. …………………………….dll. (catatan bisa lebih dari dua)
Latar belakang ketiga adalah alasan-alasan mengenai budaya menjenguk ketika sakit yang menjadi topik yang sangat berarti untuk diteliti, yakni sebagai berikut: 1) ……… …………………, 2)….. …………………………….dll. (catatan bisa lebih dari dua)
Latar belakang keempat adalah alasan-alasan mengenai budaya berta’ziah ketika berduka yang menjadi topik yang sangat berarti untuk diteliti, yakni sebagai berikut: 1) ……… …………………, 2)….. …………………………….dll. (catatan bisa lebih dari dua)
Latar belakang kelima adalah alasan-alasan mengenai budaya menghadiri undangan yang menjadi topik yang sangat berarti untuk diteliti, yakni sebagai berikut: 1) ……… …………………, 2)….. …………………………….dll. (catatan bisa lebih dari dua)
Latar belakang keenam adalah alasan-alasan mengenai budaya saling mengingatkan yang menjadi topik yang sangat berarti untuk diteliti, yakni sebagai berikut: 1) ……… …………………, 2)….. …………………………….dll. (catatan bisa lebih dari dua)
(CATATAN: MENGISI SETIAP POIN LATAR BELAKANG TIDAK DIPATOK HARUS SATU PARAGRAPH—BISA LEBIH DARI SATU—NAMUN PADAT DAN BERBOBOT. MENERANGKAN HAL-HAL YANG TIDAK BERHUBUNGAN DENGAN LATAR BELAKANG ADALAH PELANGGARAN ETIKA KARYA ILMIAH)

Peneliti mencoba menggambarkan keadaan empat faktor alam diatas sebagai indikator kualitas muasyarah di Kampus (nama sekolah …………………………..). Penelitian ini mencoba menggambarkan bahwa kondisi muasyarah sangat berperan dalam membantu masyarakat pendidikan dalam mencapai kebutuhan belajar esensialnya. Tema penelitian yang diangkat pada kesempatan ini adalah: Muasyarah Di Kampus (nama sekolah ………………………….)—Dalam Telaah Al-Quran, Hadits, Fiqh dan Ilmu Pengetahuan Sosial.”

II.       Rumusan Masalah
Masalah utama dalam penelitian ini adalah: “Bagaimanakah kondisi muasyarah kampus di (nama sekolah…………………………..) ?”
Rumusan masalah di atas dijabarkan dalam beberapa pertanyaan penelitian berikut:
1.      Bagaimanakah budaya salam di Kampus (nama sekolah ………………)?
2.      Bagaimanakah budaya berdoa ketika bersin di Kampus (nama sekolah ……………)?
3.      Bagaimanakah budaya menjenguk ketika sakit di Kampus (nama sekolah ……………)?
4.      Bagaimanakah budaya berta’ziah ketika berduka di Kampus (nama sekolah ……………)?
5.      Bagaimanakah budaya menghadiri undangan di Kampus (nama sekolah ……………)?
6.      Bagaimanakah budaya saling mengingatkan di Kampus (nama sekolah ……………)?

III. Klarifikasi Konsep
Pada bagian ini akan diklarifikasikan tentang apakah definisi: 1) budaya salam, 2) berdoa ketika bersin, 3)menjenguk ketika sakit, 4) berta’ziah ketika berduka, 5) menghadiri undangan dan 6) saling mengingatkan. Semua kosep tersebut ditelaah dengan Al-Quran, Hadits, Fiqh, kisah Nabi dan Sahabat serta inovasi kontemporer. Tujuan penelitian ini adalah menerangkan tentang peran muasyarah kampus dalam merealisasikan kebutuhan belajar esensial civitas akademika-nya. Konsep-konsep di atas akan dijelaskan di bawah ini.  
A.    Budaya Salam
Merujuk kepada dalil-dalil mengenai budaya salam, yang ada di dalam Al-Quran, hadits, fiqh, kisah Nabi dan Sahabat SAW serta inovasi kontemporer, pemakalah akan mendefinisikan apa itu hakikat air. Adapun dalil yang dipilih adalah sebagai berikut:
1.      Dalil-Dalil Al-Quran Mengenai Budaya Salam
a.       ………………
b.      ………………dll. (catatan bisa lebih dari dua)
2.      Dalil-Dalil Hadits Mengenai Budaya Salam
a.       ……………
b.      ………….dll. (catatan bisa lebih dari dua)
3.      Dalil-Dalil Fiqh Mengenai Budaya Salam
a.       ……………
b.      ………….dll. (catatan bisa lebih dari dua)
4.      Kisah-kisah Nabi dan  Sahabat Mengenai Budaya Salam
a.       ……………
b.      ………….dll. (catatan bisa lebih dari dua)
5.      Inovasi-Inovasi Kontemporer Mengenai Budaya Salam
a.       ………….
b.      ………..dll. (catatan bisa lebih dari dua)
6.      Merujuk pada dalil-dalil di atas peneliti mencoba mengklasifikasikan kedalam empat subdefinisi, yakni sebagai berikut:
a.       Genus Budaya Salam
1)      ……………
2)      …………… dll. (catatan bisa lebih dari dua)
b.      Diferensia Budaya Salam
1)      ……………
2)      ……………. Dll. (catatan bisa lebih dari dua)
c.       Properti Budaya Salam
1)      …………….
2)      …………….. dll. (catatan bisa lebih dari dua)
d.      Aksiden Budaya Salam
1)      …………….
2)      ……………… dll. (catatan bisa lebih dari dua)
Setelah mengklasifikasikan dalam empat subdefinisi, peneliti mendefinisikan Budaya Salam sebagai berikut : “………………………………………………” (catatan: baca contoh membuat klarifikasi kosep lalu membuat instrument penelitian)

(CATATAN: UNTUK KLARIFIKASI KONSEP TENTANG UNSUR-UNSUR DIBAWAH INI DIBUAT SEPERTI SUSUNAN BUDAYA SALAM DI ATAS)
B.     Budaya Berdoa Ketika Bersin
C.    Budaya Menjenguk Ketika Sakit
D.    Budaya Berta’ziah Ketika Sakit
E.     Budaya Menghadiri Undangan
F.     Budaya Saling Mengingatkan

IV.    TEMUAN PENELITIAN
Pada bagian ini peneliti akan memaparkan hasil riset lewat observasi dan wawancara kepada civitas akademika Kampus (nama sekolah ……………) mengenai kualitas muasyarah kampus. Penulis membagi bab ini menjadi enam bagian. Diawali dengan memaparkan indikator-indikator kondisi berbudaya: (1) mengucap salam, (2) berdoa ketika bersin, (3) menjenguk ketika sakit, (4) berta’ziah ketika berduka, (5) menghadiri undangan dan (6) suasana saling mengingatkan di Kampus .
Merujuk pada rumusan masalah dikaitkan dengan tujuan penelitian, peneliti mencoba menggambarkan kondisi muasyarah kampus yang menjadi faktor pendorong dan penghambat bagi civitas akademika Kampus (nama sekolah ……………) untuk merealisasikan kebutuhan belajar esensialnya.             
A.    Kondisi Budaya Salam di Kampus (nama sekolah ………………)
Merujuk pada klarifikasi kosep penelitian ini, definisi budaya salam  adalah……………………….(CATATAN: ISILAH PARAGRAPH PERTAMA INI DENGAN DEFINISI YANG SAUDARA HASILKAN DARI KLARIFIKASI KOSEP DI ATAS)
Adapun gambaran kondisi budaya salam di Kampus (nama sekolah ……………) adalah ………………………………… (CATATAN: ISI PARAGRAPH-PARAGRAPH SELANJUTNYA MERUJUK PADA DATA DAN INFORMASI YANG DIDAPATKAN MELALUI PERTANYAAN-PERTANYAAN YANG ADA DI DALAM INSTRUMEN PENELITIAN YANG SAUDARA BUAT—baca cara membuat instrument penelitian)
                Merujuk pada deskripsi diatas, peneliti mencoba mengklasifikasikan dalam faktor-faktor pendorong dan penghambat bagi civitas akademika untuk mencapai kebutuhan belajar esensialnya, yang teridiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yaitu sebagai berikut:
1.      Kekuatan-Kekuatan Dalam Membudayakan Salam di Kampus (nama sekolah)
a.       ………………..
b.      …………….. dll. (catatan bisa lebih dari dua)
2.      Kelemahan-Kelemahan Dalam Membudayakan Salam di Kampus (nama sekolah)
a.       ………………..
b.      …………….. dll. (catatan bisa lebih dari dua)
3.      Peluang-Peluang Dalam Membudayakan Salam di Kampus (nama sekolah)
a.       ……………..
b.      ………………dll. (catatan bisa lebih dari dua)
4.      Tantangan-Tantangan Dalam Membudayakan Salam di Kampus (nama sekolah)
a.       ………………..
b.      …………….. dll. (catatan bisa lebih dari dua)

(CATATAN: UNTUK DESKRIPSI UNSUR-UNSUR DIBAWAH INI DISUSUN SEPERTI BUDAYA SALAM DI ATAS)
B.     Kondisi Budaya Berdoa Ketika Bersin di Kampus (nama sekolah ………………)
C.    Kondisi Budaya Menjenguk ketika sakit di Kampus (nama sekolah ………………)
D.    Kondisi Budaya Berta’ziah ketika berduka di Kampus (nama sekolah ………………)
E.     Kondisi Budaya Menghadiri Undangan di Kampus (nama sekolah ………………)
F.     Kondisi Budaya Saling Mengingatkan di Kampus (nama sekolah ………………)

V.    KESIMPULAN
Merujuk kepada analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang diolah peneliti—lihat lampiran VII-XII—dari hasil temuan penelitian, penulis menyimpulkan penelitian sebagai berikut:
A.    Budaya Salam di Kampus (nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM KESIMPULAN INI MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN VII—TENTANG ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN SALAM DI KAMPUS—lihat contoh analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan)

B.     Budaya Berdoa Ketika Bersin di Kampus (nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM KESIMPULAN INI MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN VIII—TENTANG ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN BERDOA KETIKA BERSIN DI KAMPUS)

C.    Budaya Menjenguk Ketika Sakit di Kampus (nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM KESIMPULAN INI MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN IX—TENTANG ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN MENJENGUK KETIKA SAKIT DI KAMPUS)

D.    Budaya Berta’ziah Ketika Berduka di Kampus (nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM KESIMPULAN INI MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN X—TENTANG ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN BERTA’ZIAH KETKA BERDUKA DI KAMPUS)

E.     Budaya Menghadiri Undangan di Kampus (nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM KESIMPULAN INI MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN  XI—TENTANG ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN MENGHADIRI UNDANGAN DI KAMPUS)
F.     Budaya Saling Mengingatkan di Kampus (nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM KESIMPULAN INI MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN XII—TENTANG ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN SALING MENGINGATKAN DI KAMPUS)

VI. SARAN
A.    Membudayakan Salam di Kampus (nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM SARAN INI MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN VII—TENTANG ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN SALAM DI KAMPUS)

B.     Membudayakan Berdoa Ketika Bersin di Kampus (nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM SARAN INI MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN VIII—TENTANG ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN BERDOA KETIKA BERSIN DI KAMPUS)

C.    Membudayakan Menjenguk Ketika Sakit di Kampus (nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM SARAN INI MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN IX—TENTANG ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN MENJENGUK KETIKA SAKIT DI KAMPUS)

D.    Membudayakan Berta’ziah Ketika Berduka di Kampus (nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM SARAN INI MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN X—TENTANG ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN BERTA’ZIAH KETKA BERDUKA DI KAMPUS)

E.     Membudayakan Menghadiri Undangan di Kampus (nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM SARAN INI MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN  XI—TENTANG ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN MENGHADIRI UNDANGAN DI KAMPUS)
F.     Membudayakan Saling Mengingatkan di Kampus (nama sekolah ………………)
(CATATAN: PARAGRAF-PARAGRAF DALAM SARAN INI MERUJUK KEPADA DATA DAN INFORMASI YANG ADA DI LAMPIRAN XII—TENTANG ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN SALING MENGINGATKAN DI KAMPUS)

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-PAMPIRAN

LAMPIRAN I
INSTRUMEN PENELITIAN KONDISI BUDAYA SALAM DI KAMPUS (nama sekolah……..)
1.      ……………?
2.      ……………? Dll (CATATAN: TAMPILKAN LAMPIRAN I DI SATU HALAMAN—baca cara membuat instrument penelitian)

(CATATAN: UNTUK LAMPIRAN DIBAWAH INI DIBUAT SEPERTI LAMPIRAN INSTRUMEN PENELITIAN DI ATAS)

LAMPIRAN II
INSTRUMEN PENELITIAN KONDISI BUDAYA BERDOA KETIKA BERSIN DI KAMPUS (nama sekolah…..)
LAMPIRAN III
INSTRUMEN PENELITIAN KONDISI BUDAYA MENJENGUK YANG SAKIT DI KAMPUS (nama sekolah…..)
LAMPIRAN IV
INSTRUMEN PENELITIAN KONDISI BUDAYA BERTA’ZIAH KETIKA BERDUKA DI KAMPUS (nama sekolah.)
LAMPIRAN V
INSTRUMEN PENELITIAN KONDISI BUDAYA MENGHADIRI UNDANGAN DI KAMPUS (nama sekolah.)
LAMPIRAN VI
INSTRUMEN PENELITIAN KONDISI BUDAYA SALING MENGINGATKAN DI KAMPUS (nama sekolah.)


LAMPIRAN VII
ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN DALAM MEMBUDAYAKAN SALAM DI KAMPUS (NAMA SEKOLAH………..)

KEKUATAN
(catatan: kotak ini diisi dengan data dan informasi kekuatan-kekuatan dalam membudayakan salam pada bagian temuam penelitian)



KELEMAHAN
(catatan: kotak ini diisi dengan data dan informasi kelemahan-kelemahan dalam membudayakan salam pada bagian temuam penelitian)


PELUANG
(catatan: kotak ini diisi dengan data dan informasi peluang-peluang dalam membudayakan salam pada bagian temuam penelitian)






TANTANGAN
(catatan: kotak ini diisi dengan data dan informasi tantangan-tantangan dalam membudayakan salam pada bagian temuam penelitian)






(CATATAN: TAMPILKAN LAMPIRAN V DI SATU HALAMAN DENGAN FOND HURUF UKURAN 7 ATAU 8—baca contoh pembuatan analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan)

(CATATAN: UNTUK LAMPIRAN-LAMPIRAN DI BAWAH INI SESUAIKAN PENULISANNYA SEPERTI LAMPIRAN DIATAS)

LAMPIRAN VIII
ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN BERDOA KETIKA BERSIN DI KAMPUS (NAMA SEKOLAH………..)
LAMPIRAN IX
ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN MENJENGUK KETIKA SAKIT DI KAMPUS (NAMA SEKOLAH………..)
LAMPIRAN X
ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM UNSUR MEMBUDAYAKAN BERTA’ZIAH KETIKA BERDUKA DI KAMPUS (NAMA SEKOLAH………..)
LAMPIRAN XI
ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN MENGHADIRI UNDANGAN DI KAMPUS (NAMA SEKOLAH………..)
LAMPIRAN XII
ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN TANTANGAN YANG ADA DALAM MEMBUDAYAKAN SALING MENGINGATKAN DI KAMPUS (NAMA SEKOLAH………..)

MATRIX PENELITIAN
(CATATAN: UPAYAKAN MAMPU MENAMPILKAN MATRIX PENELITIAN PADA SATU HALAMAN DENGAN FOND HURUF UKURAN 7 ATAU 8)

LATAR BELAKANG
RUMUSAN
MASALAH
TEMUAN
KESIMPULAN
SARAN






























(CATATAN: LIHAT CONTOH MATRIX PENELITIAN)
RIWAYAT HIDUP PENELITI
TAMMAT

(CATATAN: TAMPILKAN RIWAYAT HIDUP PENELITI DALAM NARASI SATU HALAMAN DISERTAI FOTO TERBAIK, LIHAT CONTOH RIWAYAT HIDUP PENELITI)
SAY CHEESE……!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar